Monday, August 26, 2024

Alasan bagus untuk tidak melewatkan sarapan

 Alasan bagus untuk tidak melewatkan sarapan

Sarapan memperkuat sistem kekebalan tubuh

Alasan bagus untuk tidak melewatkan sarapan. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa sarapan adalah cara terbaik untuk memulai hari, tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa? Cari tahu mengapa sarapan sangat penting dan mengapa Anda tidak boleh melewatkan sarapan.

Memilih sarapan yang tepat

Sarapan akan memberi Anda kekuatan jika Anda mengonsumsi makanan yang tepat. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda beli dan apa yang Anda masak. Banyak biji-bijian dan makanan ringan siap saji memiliki kandungan gula, garam, dan lemak yang tinggi, yang dapat menyebabkan diabetes, penambahan berat badan, dan tekanan darah tinggi.

Awali hari Anda dengan segelas jus buah atau sayuran segar dan pilihlah biji-bijian utuh (seperti oatmeal) mesin sangrai kopi 25 kg, buah-buahan, sayuran, atau sumber protein rendah lemak yang sehat (ikan atau telur).

Sarapan memperkuat sistem kekebalan tubuh

Nutrisi memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan sarapan sehat yang bermanfaat dapat menjadi sumber nutrisi yang penting. Penelitian di University of Cardiff di Wales menunjukkan bahwa sarapan mencegah masuk angin dan flu. Secangkir teh akan sama bermanfaatnya karena mengandung antioksidan.

Dalam yogurt, terdapat probiotik - bakteri baik yang dibutuhkan untuk menjaga flora usus tetap sehat. Bakteri ini melindungi usus dari bakteri berbahaya. Nutrisi penting bagi sel darah putih yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sarapan membantu mengatur berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sarapan dapat memengaruhi berat badan Anda, meskipun belum jelas bagaimana caranya. Sebuah penelitian selama sepuluh tahun menunjukkan bahwa pria yang melewatkan sarapan mengalami kenaikan berat badan lebih banyak daripada mereka yang rutin makan di pagi hari.

Para peneliti percaya bahwa sarapan dapat mengurangi risiko makan berlebihan di kemudian hari dan membantu menghasilkan nutrisi sehat yang melindungi dari kenaikan berat badan.

Jika Anda terburu-buru di pagi hari, jangan pernah lupa untuk mengambil sepotong roti panggang atau kacang-kacangan kecil untuk dimakan dalam perjalanan ke kantor. Ini akan mencegah Anda membeli junk food di kemudian hari.

Sarapan mengurangi risiko diabetes

Menurut sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, tidak sarapan selama seminggu memungkinkan terjadinya diabetes di kemudian hari. Penelitian lain yang dilakukan oleh tim dari Universitas Harvard menunjukkan bahwa wanita yang tidak sarapan lebih mungkin terkena diabetes.

Sarapan pagi dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah perubahan hormon. Jika Anda melewatkan sarapan, kadar gula darah akan turun, dan setelah makan siang, kadarnya akan naik, yang dapat menyebabkan diabetes.

Sarapan membantu menurunkan berat badan

Jika Anda makan buah, sayur, makanan utuh, dan protein di pagi hari, Anda akan merasa kenyang selama berjam-jam. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi memperoleh kalori tersebut di kemudian hari. Sarapan yang lebih banyak jumlahnya daripada makan malam efektif untuk menurunkan berat badan.

Para ahli percaya bahwa jika kita mengonsumsi lebih banyak kalori di pagi hari, kalori tersebut akan lebih mudah dihabiskan untuk sisa hari itu. Jadi, cobalah untuk bangun 15 menit lebih awal untuk menikmati sarapan yang menenangkan.

Sarapan pagi menyediakan nutrisi yang diperlukan

Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi secara teratur cenderung memiliki pola makan yang baik dengan lebih banyak mineral dan vitamin. Mereka juga cenderung tidak makan makanan yang tidak sehat di kemudian hari.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Sarapan pagi tidak hanya untuk mendapatkan nutrisi. Sarapan pagi juga mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Menurut penelitian, orang yang rutin sarapan pagi tidak akan menderita penyakit jantung.

Konsumsi makanan pada dini hari sebelum tidur atau bahkan pada malam hari, yang biasa dilakukan orang yang melewatkan sarapan pagi dapat menyebabkan kekacauan ritme hormonal yang dapat memicu penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi. Penyakit-penyakit ini nantinya dapat berubah menjadi penyakit jantung.

No comments:

Post a Comment